Jelaskan penelitian geografi berdasarkan tujuan (2022)

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian mampu menjelaskan pengertian, sifat-sifat dan jenis-jenis penelitian geografi dengan teliti dan jujur.

  • B. Uraian Materi
  • C. Rangkuman
  • D. Latihan Soal
  • Postingan Terbaru
  • Video yang berhubungan
  • Video yang berhubungan

B. Uraian Materi

1. Pengertian Penelitian Geografi

Penelitian adalah kegiatan menyelediki, mengembangkan dan menguji kebenaran secara mendalam untuk memecahkan suatu permasalahan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI] penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan yang menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Menurut Soejono Soekanto penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten dan bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia untuk mengetahui apa yang dihadapinya.

Sedangkan menurut Parson [1946] penelitian adalah pencarian atas sesuatu secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan.

Adapun penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk memguji kebenaran dan memecahkan permasalahan georgafi [gejala alam], secara sistematis sebagai objek penelitian. Ciri khas penelitian geografi adalah menggunakan pendekatan keruangan, ekologi dan kompleks wilayah dalam mendapatkan masalah penelitian dan memecahkan masalah tersebut.

2. Sisat-sifat Penelitian Geografi

Dalam melakukan penelitian geografi harus memahami sifat-sifatnya. Adapun sifat-sifat penelitian geografi diantaranya:

a. menggunakan ilmu pengetahuan sebagai landasan dan dilakukan secara sistematis.

b. penelitian diawali dengan penemuan masalah geosfer.

c. menganalisis lebih mendalam terhadap suatu kajian geosfer.

d. menguji hasil penelitian yang telah dilakukan agar hasilnya lebih akurat.

e. tujuan penelitian geografi adalah memecahkan suatu permasalahan.

3. Jenis-Jenis Penelitian

Jenis-jenis penelitian geografi dapat dibedakan berdasarkan tujuan, bentuk dan metode penelitian.

a. Berdasarkan tujuan, penelitian geografi dapat dibedakan sebagai berikut:

a. Penelitian eksploratif

Penelitian eksploratif adalah penelitian yang bertujuan untuk

mengembangkan gagasan dasar mengenai suatu topik permasalahan yang belum diketahui sebelummya, sehingga mampu memberikan definisi atau penjelasan mengenai konsep atau pola. Penelitian ini dikembangkan untuk menjawab pertanyaan what. Sifat dari penelitian ini adalah kreatif, fleksibel, terbuka dan semua sumber dianggap penting.

b. Penelitian deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai fenomena geosfer dengan cara mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkaitan dengan fenomena yang diteliti. Penelitian ini menekankan pada cara menemukan makna baru, menjelaskan sebiah kondisi dan mengkategorikan informasi geosfer sesuai fakta yang ada.

c. Penelitian eksplanatif

Penelitian eksplanatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini bersifat memberikan penjelasan tentang pengetahuan yang teorinya sudah ada sebelumnysehingga terkumpul berbagai generalisasi empiris.

b. Berdasarkan bentuk, penelitian geografi dapat dibedakan sebagai berikut:

1] Studi kasus

Studi kasus merupakan penelitian yang mendalam tentang suatu aspek lingkungan sosial termasuk manusia yang dilakukan sedemikan rupa sehingga menghasilkan gambaran yang lengkap. Studi kasus dilakukan dengan cara studi lapangan dan wawancara.

2] Survei

Survei adalah penelitian yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang jumlahnya banyak dan dalamjangka waktu tertentu. Survei dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis dan mendeskripsikan hubungan antar variabel.

3] Eksperimen

Eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lainnya dalam kondisi terkontrol, atau dengan kata lain penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian suatu treatment atau perlakukan terhadap subjek penelitian.

c. Berdasarkan metode penelitian geografi dapat dibedakan sebagai berikut:

1] Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelediki, menemukan, menggambarkan dan menjelaskan kualitas atau keunggulan dari suatu fenomena yang tidak dapat diukur atau dihitung jumlahnya.

2] Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk memperoleh informasi atau data yang berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.

C. Rangkuman

Berdasarkan uraian materi tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:

  1. Seorang peneliti harus memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga menimbulkan keinginan untuk melakukan penelitian.
  2. Penelitian geografi dapat diawali oleh penemuan masalah geosfer yang kemudian dicari dampak dan solusi terkait dengan masalah tersebut.
  3. Penelitian Geografi merupakan salah satu jenis penelitian yang berkembang saat ini dengan melakukan penelitian yang sistematis terkontrol empiris, dan penyelidikan kritis dari proposisi hipotesis tentang hubungan yang diperkirakan antara gejala alam
  4. Ciri khas penelitian geografi adalah menggunakan konsep, prisip dan pendekatan geografi dalam mendapatkan masalah dengan sudut pandang keruangan, kelingkungan dan kompleks wilayah.
  5. Tujuan akhir dari penelitian geografi adalah memecahkan permasalahan geografi berdasarkan data dan fakta yang ditemukan baik fakata gejala alam maupun gejala sosial.

D. Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penelitian geografi!

2. Sebutkan sifat-sifat penelitian geografi

3. Jelaskan jenis-jenis penelitian geografi berdasarkan tujuan!

4. Jelaskan jenis-jenis penelitian geografi berdasarkan bentuk!

5. Jelaskan jenis-jenis penelitian geografi menurut metode yang digunakan!

*Buat dalam buku latihan dilengkapi Nama, Nomor dan Kelas. Dikumpul saat Pembelajaran Tatap Muka [PTM].

Page 2

Postingan Terbaru

Ilustrasi penelitian studi kasus. Credit: pexels.com/Startup

Bola.com, Jakarta - Penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menguji suatu kebenaran dan memecahkan permasalahan dalam ilmu geografi. Penelitian merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara mengamati secara mendalam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI], penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan yang menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Untuk bisa melakukan penelitian geografi perlu memperhatikan beberapa hal. Ciri khas dari penelitian geografi ialah menggunakan pendekatan keruangan, ekologi, dan kompleks wilayah dalam mendapatkan masalah penelitian dan memecahkannya.

Penting juga mengetahui jenis-jenis penelitian geografi. Jenis-jenis penelitian geografi dibedakan berdasarkan tujuan, bentuk, dan metode penelitian.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis penelitian geografi dan sifat-sifatnya, seperti dilansir dari gerbangkurikulum.sma.kemdikbud.go.id,Rabu [17/11/2021].

Berita video Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan alasan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengusulkan 4 nama pemain keturunan, Kevin Diks, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Mees Hilgers untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Ilustrasi mengetik di laptop. /Copyright unsplash.com/alexa mazzarello

Dalam melakukan penelitian geografi harus memahami sifat-sifatnya. Berikut ini sifat-sifat penelitian geografi:

a. Menggunakan ilmu pengetahuan sebagai landasan dan dilakukan secara sistematis.

b. Penelitian diawali dengan penemuan masalah geosfer.

c. Menganalisis lebih mendalam terhadap suatu kajian geosfer.

d. Menguji hasil penelitian yang telah dilakukan agar hasilnya lebih akurat.

e. Tujuan penelitian geografi adalah memecahkan suatu permasalahan

Ilustrasi mengetik di laptop. Credit: unsplash.com/Corrine

Penelitian eksploratif

Penelitian eksploratif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan gagasan dasar tentang suatu topik permasalahan yang belum diketahui sebelummya.

Penelitian ini dikembangkan untuk menjawab pertanyaan what. Sifat dari penelitian ini adalah kreatif, fleksibel, terbuka, dan semua sumber dianggap penting.

Penelitian deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai fenomena geosfer dengan cara mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkaitan dengan fenomena yang diteliti.

Penelitian ini menekankan pada cara menemukan makna baru, menjelaskan sebuah kondisi dan mengategorikan informasi geosfer sesuai fakta.

Penelitian eksplanatif

Penelitian eksplanatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis pada penelitian sebelumnya.

Penelitian ini bersifat memberikan penjelasan tentang pengetahuan yang teorinya sudah ada sebelumnya sehingga terkumpul berbagai generalisasi empiris.

Ilustrasi menulis. Credit: pexels.com/Judit

Studi kasus

Studi kasus merupakan penelitian yang mendalam tentang suatu aspek lingkungan sosial termasuk manusia yang dilakukan sedemikan rupa sehingga menghasilkan gambaran yang lengkap.

Studi kasus dilakukan dengan cara studi lapangan dan wawancara.

Survei

Survei adalah penelitian yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang jumlahnya banyak dan dalam jangka waktu tertentu. Survei dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis dan mendeskripsikan hubungan antarvariabel.

Eksperimen

Eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lainnya dalam kondisi terkontrol, atau dengan kata lain penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian suatu treatment atau perlakukan terhadap subjek penelitian.

Ilustrasi menulis. [Nick Morrison/ Unsplash]

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelediki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keunggulan dari suatu fenomena yang tidak dapat diukur atau dihitung jumlahnya.

Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk memperoleh informasi atau data yang berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.

Sumber: Kemdikbud

Video yang berhubungan

You might also like

Latest Posts

Article information

Author: Jerrold Considine

Last Updated: 07/24/2022

Views: 5901

Rating: 4.8 / 5 (58 voted)

Reviews: 81% of readers found this page helpful

Author information

Name: Jerrold Considine

Birthday: 1993-11-03

Address: Suite 447 3463 Marybelle Circles, New Marlin, AL 20765

Phone: +5816749283868

Job: Sales Executive

Hobby: Air sports, Sand art, Electronics, LARPing, Baseball, Book restoration, Puzzles

Introduction: My name is Jerrold Considine, I am a combative, cheerful, encouraging, happy, enthusiastic, funny, kind person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.