Mengenal Objek Studi Geografi - Materi Geografi Kelas 10 (2022)

Halo Sobat Zenius! Gue yakin elo pernah mendengar atau membaca kata geografi, tapi tau gak sih elo apa aja objek studi geografi itu?

Mungkin beberapa dari elo ada yang menjawab gambaran muka bumi, yang biasa kita sebut peta. Ada juga yang menjawab tentang seluk-beluk batuan di bumi.

Nah, ternyata ketika kita mempelajari geografi, maka kita akan belajar juga bagaimana caranya berpikir spasial (spatial thinking).

Mengenal Objek Studi Geografi - Materi Geografi Kelas 10 (1)

Waduh,spatial thinkingitu istilah apaan sih? Kalau elo tengok KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), spasial berarti segala hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat.

Selain itu, bisa dikatakan bahwa berpikir spasial merupakan proses yang mendukung eksplorasi dan pemahaman. Cara berpikir ini penting lho bagi perkembangan manusia, termasuk konsep pemetaan dan keterampilan.

Contohnya tentang visualisasi hubungan ruang, kenapa kok banyak pemukiman terletak di dekat sumber air, gimana caranya menentukan transformasi peta dunia menjadi peta provinsi, memperkaya perspektif seperti perbedaan budaya barat dan timur, dan membantu kita untuk mengingat gambar di tempat dan ruang.

Jadi, berpikir spasial itu penting sebagai kerangka berpikir kita dalam melihat suatu fenomena.Itu salah satu alasan pentingnya mempelajari objek studi geografi, kira-kira alasan lainnya untuk belajar geografi apa sih?

Baca Juga: Materi Geografi: Dinamika Planet Bumi

Daftar Isi

Mengapa Perlu Belajar Geografi?

Salah satu alasan kenapa kita perlu belajar objek studi geografi adalah untuk melatih berpikir spasial. Tanpa kita berpikir spasial, maka sebuah data hanyalah data, kita gak bisa menginterpretasikan data tersebut.

Misalnya, ada data COVID-19 di Indonesia. Tanpa kemampuan berpikir spasial, kita gak bisa nih menafsirkan data tersebut, kenapa ada daerah yang penyebarannya landai, dan kenapa ada yang sangat tinggi.

Siapa yang sebenarnya salah, apakah karena faktor lingkungan, pemerintah, atau manusianya yang gak taat protokol kesehatan?

(Video) Geografi Kelas X: Apa Itu Geografi?

Nah, semua itu bisa dijawab dengan cara berpikir spasial.

Selain mengasah berpikir spasial, alasan-alasan lain dari pentingnya belajar objek studi dan aspek geografi di antaranya adalah:

  1. Mengetahui karakteristik setiap ruang di bumi (wilayah).
  2. Mengenal karakteristik lingkungan sekitar.
  3. Bisa melihat interaksi antara manusia dan sekitarnya (lingkungan).
  4. Mengenal budaya masyarakat dan lingkungan sekitar.

Yap, secara umum itu dia alasan dari pentingnya belajar geografi.

Sekarang elo udah tahu kan kalau belajar geografi itu punya manfaat yang cukup besar dalam kehidupan kita, gak hanya bikin elo bisa baca peta dan tahu seluk-beluk batuan di bumi aja.

Intinya, selama kita berada dalam satu ruang, geografi akan tetap relevan, karena geografi adalahscience of where.

Ruang Lingkup dan Aspek Geografi

Setelah elo mengetahui pentingnya belajar objek studi geografi, selanjutnya elo akan membahas lebih jauh tentang apa itu geografi.

Tapi sebelum itu, elo udah tahu belum sih apa arti geografi yang sesungguhnya?

Kalau kita tengok KBBI, geografi artinya ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

Dari situ aja kita udah bisa menilai kalau bahasan geografi itu sangat luas, iya gak? Nah, sekarang coba kita lihat dari bahasanya, yaitu “geo” yang artinya bumi, dan “graphein” yang artinya tulisan.

Jadi, kalau kita coba simpulkan, geografi merupakan studi ragam ruang dalam mengapa dan bagaimana hal-hal bisa berbeda dari satu tempat dan tempat lain.

Dari situ elo bisa telusuri tentang permukaannya seperti apa, iklimnya bagaimana, flora dan faunanya ada apa aja, dan yang lainnya.

Dari situ kita bisa menjabarkan, apa aja sih yang dipelajari di ilmu geografi dilihat dari aspek-aspek geografi.

Aspek Geografi

Kajian utama geografi meliputi dua aspek yakni aspek fisik dan aspek sosial.

Aspek fisik dalam kajian geografi bisa diartikan secara fisik atau bentuk, dengan kata lain aspek-aspek yang bisa kita lihat.

Contoh aspek fisik geografi antara lain lingkungan dan batuan. Gak usah jauh-jauh deh, sekarang coba elo keluar rumah, dan perhatikan apa yang ada di sekitar elo.

(Video) Pengertian Geografi dan Objek Studi Geografi - Kelas X #GeoSMA #KelasX

Ada tanaman, tanah, batu, hewan, dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa elo lihat fisik/bentuknya, kan?

Lalu, ada lagi aspek sosial geografi yang gak bisa dilihat secara fisik atau bentuk. Contoh aspek sosial geografi adalah politik, ekonomi, dan budaya.

Kita ambil contoh budaya, yang namanya budaya itu kan gak bisa dilihat secara bentuk ya, perlu dilakukan pengamatan dan analisis dari kebiasaan-kebiasaan manusianya.

Dari situ kita bisa tahu, “Oh, budaya masyarakat sini gotong-royong”. Elo juga bisa lihat pada contoh politiknya, antara negara yang satu dan negara lainnya memiliki perbedaan sistem tatanan negara.

Mengenal Objek Studi Geografi - Materi Geografi Kelas 10 (2)

Oke, sampai sini udah paham ya mengenai aspek-aspek geografi? Makin yakin kan kalau bahasan geografi itu luas banget?

Saking luasnya, dibutuhkan ilmu-ilmu penunjang geografi seperti biogeografi (biologi-geografi), geofisika (geografi-fisika), geopolitik (geografi-politik), geoekonomi (geografi-ekonomi), dan lain-lain.

Baca Juga: Mengenal Gerhana Bulan Total, Si ‘Bulan Merah Darah’

Objek Studi Geografi

Apa sih pengertian objek studi geografi? Objek studi geografi ini merupakan landasan atau dasar dalam belajar geografi.

Nah, objek studi geografi terdiri dari objek material dan objek formal yang akan gue bahas lebih lanjut di bawah ini:

Mengenal Objek Studi Geografi - Materi Geografi Kelas 10 (3)

Objek Studi Geografi Material

Lingkup pertama dari objek studi geografi material adalah geosfer.

Contoh objek studi geografi material ini sering kita temui dalam kehidupannya. Misal, ketika elo lagi jalan-jalan ke suatu pantai. Di sana elo akan merasa bahwa cuacanya panas tapi banyak angin, nah itu bisa dikaji lebih dalam diatmosfer.

Kemudian, elo melihat lagi ke arah pepohonan yang ada di sekitar pantai, itu termasuk dalam kajianbiosfer.

Di ujung pantai, elo melihat pegunungan, itu akan dikaji ke dalamlitosfer.

(Video) Apa itu ilmu geografi ? Geografi Kelas 10 | EDURAYA MENGAJAR

Jadi kalo elo disuruh menyebutkan contoh objek studi geografi yang berkaitan dengan litosfer adalah apa, elo tinggal mengingat aja bahwa litosfer artinya adalah bagian atas mantel dan kerak bumi.

Artinya kenampakan geografis bumi yang padat dan terdapat di permukaan, makanya gue kasih contoh di atas seperti pegunungan, gunung, pantai dan kenampakan lainnya.

Untuk air laut dan sungai-sungai kecil di sekitarnya akan dikaji dalamhidrosfer.

Selanjutnya, elo melihat di pantai itu banyak banget orang, yang akan dikaji dalamantroposfer.

Nah, kalo misalnya gue punya pertanyaan nih, persebaran flora dan fauna dikaji dalam objek geografi yang mana?

Kira-kira jawabannya apa?

Elo tinggal inget aja bahwa objek studi geografi material adalah geosfer dan arti dari geosfer adalah permukaan bumi.

Jadi segala sesuatu yang ada dan hidup di atas permukaan bumi dikaji dalam objek studi geografi material termasuk flora dan fauna.

Kesimpulannya, objek material geografi yang merupakan ruang lingkup geosfer adalah mengenai atmosfer, biosfer, litosfer, hidrosfer, dan antroposfer.

Objek Studi Geografi Formal

Sedangkan, untuk objek formal dalam studi geografi mencakup fenomena yang berkaitan dengan cara pandang kita dalam melihat objek material geografi.

Jadi intinya objek studi geografi formal adalah cara pandang elo dalam melihat atmosfer, biosfer, litosfer, hidrosfer, dan antroposfer.

Contoh objek studi geografi formal ini misalnya ketika elo bertemu atau lagi telepon-teleponan sama teman elo yang ada di Kanada. Kalian saling menceritakan tentang daerah masing-masing.

Elo cerita ke teman elo kalau di Jakarta panas, musim hujan sering banjir, macet, kalau mau liburan enaknya ke Bandung yang udaranya dingin, banyak pohon, ada pegunungan, dan lain-lain.

Begitu pun dengan teman elo di Kanada yang menceritakan kalau di sana sedang turun salju, udaranya dingin, orang-orangnya menggunakan bahasa Inggris dan Prancis, dan hal-hal lainnya.

Jadi, masing-masing orang punya perspektif tentang suatu daerah.

(Video) Ini Nih Bedanya Objek Material dan Objek Formal – Objek Studi Geografi | Geografi Kelas X

Nah, kalo gue punya pertanyaan seperti ini: objek studi geografi yang termasuk fenomena sosial budaya adalah..

Kira-kira jawabannya apa?

Karena budaya diciptakan, diyakini dan dilakukan oleh manusia artinya ini berkaitan dengan fenomena serta keterkaitan fenomena yang satu dengan lainnya.

Fenomena ini bisa berkaitan dengan penyebaran pemukiman dan penyebaran industri yang terjadi karena adanya pengaruh lingkup sosial dan kebudayaan dalam masyarakat.

Oke, segitu dulu penjelasan gue tentang objek studi Geografi. Buat yang mau belajar mengenaiobjek studi geografiversi video, bisa banget langsung meluncur ke video belajar Zenius yang bisa elo akses secara GRATIS dengan klik banner di bawah ini!

Selain mata pelajaran Geografi, elo juga bisa belajar materi dari mata pelajaran lainnya, kayak Ekonomi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Yuk gabung sekarang juga biar elo makin cerdas belajar bareng Zenius!

Kalau elo punya pertanyaan maupun pernyataan seputar materi objek studi geografi, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya,ciao!

Baca Juga Artikel Lainnya

Dinamika Hidrosfer dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Skala Peta, Rumus, dan Macamnya – Materi Geografi Kelas 10

Dinamika Kependudukan Indonesia: Geografi Kelas 11

Originally Published: November 27, 2021
Update by: Sabrina Mulia Rhamadanty

(Video) Perbedaan, Contoh Objek Material dan Formal Geografi

FAQs

Apa saja sih objek studi geografi? ›

Seperti disebutkan sebelumnya, objek geografi terdiri dari dua, yakni material dan formal. Objek material geografi adalah geosfer, di mana terdiri dari litosfer (lapisan kulit bumi), atmosfer (lapisan udara), hidrosfer (lapisan air), biosfer (lapisan hewan dan tumbuhan), dan antroposfer (lapisan manusia).

Apa yang dimaksud dengan objek studi geografi Jelaskan dan berikan contoh? ›

Objek studi geografi adalah objek yang terdiri dari objek material dan objek formal. Objek material geografi adalah fenomena geosfer (permukaan bumi) yang meliputi atmosfer (lapisan udara), litosfer (lapisan batuan), hidrosfer (bentang perairan), biosfer (dunia tumbuhan dan hewan), dan antroposfer (manusia).

Jelaskan apa yang dimaksud dengan objek material geografi? ›

Objek material geografi adalah seluruh gejala atau fenomena di permukaan bumi, yang mencakup kulit bumi (litosfer), lapisan air (hidrosfer), lapisan udara (atmosfer), manusia (antroposfer), serta hewan dan tumbuhan (biosfer).

Apa saja objek material pada kajian geografi dan objek formal? ›

Dikutip dari buku Geografi SMA Kelas X oleh Troels Raadam dkk, objek material geografi adalah semua fenomena yang terdapat dan terjadi di geosfer, meliputi litosfers, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antrosfer. Sementara itu, objek formal geografi adalah cara pandang mengenai objek material.

Apa yang dimaksud objek studi? ›

Jawaban: Objek studi geografi adalah objek yang terdiri dari objek material dan objek formal. Objek material geografi adalah fenomena geosfer (permukaan bumi) yang meliputi atmosfer (lapisan udara), litosfer (lapisan batuan), hidrosfer (bentang perairan), biosfer (dunia tumbuhan dan hewan), dan antroposfer (manusia).

Apa manfaat objek studi geografi? ›

Selain mengasah berpikir spasial, alasan-alasan lain dari pentingnya belajar objek studi dan aspek geografi di antaranya adalah: Mengetahui karakteristik setiap ruang di bumi (wilayah). Mengenal karakteristik lingkungan sekitar. Bisa melihat interaksi antara manusia dan sekitarnya (lingkungan).

Apa contoh objek formal? ›

CONTOH OBJEK FORMAL

Persebaran fenomena tertentu di permukaan bumi seperti kabut asap kebakaran hutan. Fenomena terjadinya kebakaran hutan karena kemarau berkepanjangan. Dan lain sebagainya. Terjadinya tsunami (hidrosfer)Dan lain lain.

Aspek geografi ada berapa? ›

Aspek dalam geografi dibedakan menjadi 2 , yaitu : 1) Aspek Fisik, adalah aspek yang mengkaji segala fenomena geosfer yang memengaruhi keberlangsungan hidup manusia. 2) Aspek Sosial adalah aspek yang mengkaji hubungan manusia dengan fenomena geosfer.

Apa perbedaan kajian material dan formal? ›

Jawaban ini terverifikasi

Obyek material adalah segata sesuatu yang dipelajari geografi yang berupa bumi, fenomena yang ada pada geosfer dan lapisan penyusunnya. Obyerk formal adalah cara pandang dan berpikir terhadap obyek material yang dipelajari sebagai fenomena keruangan dalam geografi.

Hujan termasuk objek geografi apa? ›

Fenomena yang dapat dikaji oleh objek material geografi melalui lithosfer adalah terjadinya hujan, terjadinya pelangi, dan lain sebagainya.

Apa contoh dari litosfer? ›

Jawaban ini terverifikasi
  • Contoh litosfer: pegunungan, bukit, lembah, ngarai.
  • Contoh hidrosfer: laut, sungai, danau, rawa.
  • Contoh atmosfer: gas di udara nitrogen, oksigen dan karbon dioksida.
  • Pembahasan:
  • Geosfer adalah lapisan yang terdapat pada permukaan bumi dan di bawah permukaan bumi yang berpengaruh bagi kehidupan.
10 Mar 2017

Banjir termasuk objek geografi apa? ›

Objek material merupakan segala fenomena geosfer yang dikaji dalam ilmu geografi, yaitu litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer. Meluasnya banjir adalah contoh fenomena hidrosfer, sedangkan permukiman contoh fenomena antroposfer. Kedua fenomena tersebut adalah contoh dari objek material.

Apa itu objek geografi atmosfer? ›

1. Atmosfer, yaitu lapisan udara yang menyelimuti permukaan bumi dari Troposfer hingga Eksosfer. Kabut, petir, awan adalah fenomena geosfer yang terjadi di lapisan atmosfer.

Apa saja contoh pendekatan keruangan? ›

Contoh Pendekatan Keruangan:

Wilayah Indonesia merupakan pertemuan tiga lempeng besar sehingga sering terjadi gempa bumi. Gempa kuat yang terjadi di dasar Samudera Hindia menyebabkan terjadinya tsunami.

Bagaimana sejarah terbentuknya geografi? ›

Istilah geografi kali pertama diperkenalkan oleh seorang ahli filsafat dan astronomi terkenal yang bernama Eratosthenes (276–194 SM). Kata geografi sendiri berasal dari Bahasa Yunani, gêo yang berarti bumi dan graphein yang berarti tulisan atau menjelaskan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan objek? ›

Menurut KBBI, objek adalah benda, hal, dan sebagainya yang dijadikan sasaran untuk diteliti, diperhatikan, dan sebagainya. Objek adalah nomina yang melengkapi verba transitif dalam klausa. Dalam linguistik, objek adalah kata benda, frasa kata benda, atau kata ganti yang dipengaruhi oleh tindakan kata kerja.

Apa 10 konsep esensial geografi? ›

Konsep ilmu esensial Geografi

Amien dalam buku berjudul Pengantar Filsafat Geografi (1994), 10 konsep esensial geografi adalah konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, diferensiasi area, interaksi, nilai kegunaan, dan keterkaitan keruangan.

Bagaimana cara manusia memanfaatkan objek geografi dalam kehidupan sehari hari? ›

Contoh Penerapan Ilmu Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengenalan daerah-daerah pusat gempa sehingga dapat memitigasi hal-hal yang akan terjadi. Memanfaatkan sumber daya tambang yang dihasilkan dari suatu daerah. Pemanfaatan energi geotermal, yaitu panas bumi melalui ledakan rongga-rongga besar di dalam kerak Bumi.

Apa saja contoh aspek sosial? ›

Adapun contoh ASPEK SOSIAL YANG MEMPENGARUHI KEHIDUPAN MANUSIA misalnya tingkat mobilitas penduduk, kepadatan penduduk, pola persebaran penduduk, populasi penduduk, kebijakan politik yang berhubungan dengan kehidupan ekonomi penduduk dan lain lain.

Apa saja contoh objek material? ›

Objek Material

Pengertian objek material geografi adalah objek material geografi berupa fenomena geosfer (permukaan bumi) yang terdiri atas atmosfer (lapisan udara), litosfer dan pedosfer (lapisan batuan dan tanah), hidrosfer (tentang perairan), biosfer (dunia tumbuhan dan hewan) dan antroposfer (manusia).

Apa contoh dari objek? ›

Objek adalah orang atau benda yang dikenai oleh subjek. Contoh: Azka mengembalikan buku ke perpustakaan. Ibu membeli sayur di pasar.

Apa objek dari sosiologi? ›

Objek material sosiologi adalah seluruh aspek kehidupan sosial, termasuk proses interaksi antar manusia, dan gejala atau fenomena yang mempengaruhi kehidupan sosial. Objek material sosiologi dapat berupa objek fisik dan non-fisik. - Contoh objek fisik sosiologi: rumah, sekolah, kendaraan, uang, dan lain-lain.

Apa saja yang menjadi ciri ciri geografi? ›

Ciri utama: Cara pandang dan cara berpikir terhadap gejala yang ada di permukaan bumi dengan pendekatan keruangan (spatial approach), kelingkungan (ecological approach), dan kompleks kewilayahan (regional complex approach).

Apa contoh geografi fisik? ›

Geografi fisik mencakup pengetahuan umum karena di dalamnya mempelajari seisi bumi mulai atmosfer hingga inti bumi bahkan luar angkasa. Materi geografi fisik dibagi atas contoh yaitu antroposfer, hidrosfer, lithosfer, biosfer, pedosfer, dan atmosfer.

Apa saja contoh geografi fisik? ›

Sebutkan dan jelaskam contoh geografi fisik. (?)
  • meteorologi- ilmu ttg cuaca.
  • geologi-- ilmu tentang bumi.
  • geomorfologi-- ilmu ttg bentuk permukaan bumi.
  • klimatologi-- ilmu ttg iklim.
  • oseanografi-- ilmu ttf lautan.
  • hidrologi-- ilmu tentang perairan.
19 Sept 2017

Kapan konsep lokasi digunakan? ›

Konsep Lokasi

Konsep lokasi digunakan untuk mengkaji dimana posisi letak suatu objek geografi yang ada di permukaan bumi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan keruangan? ›

Pengertian keruangan merupakan suatu tempat yang mewujudkan keberadaan dirinya yang bersifat fisik ataupun yang berhubungan dengan hubunga-hubungan sosial serta memiliki perbedaan dan persamaan aspek kehidupan yang ada dalam ruang tersebut. Keruangan disebut juga Spatial.

Apa contoh prinsip korologi? ›

Contoh Prinsip Geografi Korologi dalam Fenomena Sehari-hari

Untuk meneliti masalah hujan harus diteliti mengenai persebaran curah hujan di Indonesia, penyebab kenapa adanya perbedaan curah hujan di berbagai daerah serta dampak yang ditimbulkan dari tingginya curah hujan di wilayah tertentu.

Mengapa objek formal dapat menjadi ciri khas ilmu geografi? ›

Jawaban. Karena merupakan sudut pandang dan cara kita berpikir terhadap suatu gejala yang ada di muka bumi. Baik itu yang bersifat fisik atau sosial yang dilihat dari sudut pandang keruangan (spasial).

Mengapa politik dan kebudayaan termasuk dalam kajian geografi? ›

Aspek tersebut masuk dalam kajian geografi karena keduanya mengkaji perilaku manusia yang berkaitan dengan fenomena geosfer. Dengan demikian, baik aspek budaya maupun politik, keduanya mengkaji perilaku manusia yang dapat memengaruhi kehidupan sebagian atau seluruh manusia di permukaan Bumi.

Apa saja contoh atmosfer? ›

Contoh atmosfer: gas di udara nitrogen, oksigen dan karbon dioksida.

Apa saja 4 ruang Lingkup geografi? ›

Berikut ini adalah ruang lingkup yang dipelajari dalam geografi:
  • Pengungkapan kejadian.
  • Meneliti sebab dan akibat suatu gejala.
  • Mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena di bumi.
  • Mempelajari penyebaran kejadian/gejala di bumi.
  • Pemecahan masalah geografi.
  • Geografi Fisik.
  • 2. Geografi Manusia.
  • 3. Geografi Teknik.
14 Jul 2022

Apa fungsi prinsip geografi? ›

Prinsip geografi adalah prinsip yang dipakai sebagai landasan, untuk menjelaskan suatu fenomena yang terjadi. Prinsip ini dipakai untuk memahami hubungan dan karakteristik fenomena dengan pemasalahan lain. Ada 4 prinsip geografi yaitu prinsip persebaran, interelasi, deskripsi, dan korologi.

Apa contoh hidrosfer? ›

Hidrosfer itu sendiri merupakan lapisan air yang ada di permukaan bumi. Contohnya seperti laut, sungai, air tanah, dan uap air yang ada di udara.

Apa fungsi lapisan litosfer? ›

Lapisan litosfer memiliki manfaat seperti berikut: Sebagai sumber energi (minyak bumi dan batubara) Sebagai pemenuhan kebutuhan industri (besi dan aluminium) Sebagai bahan pembuat perhiasan (mineral, intan, emas, perak)

Apa arti objek fisik? ›

Objek geografi fisik adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan studi tentang proses dan pola dalam lingkungan alam seperti atmosfer, biosfer, hidrosfer.

Apa itu objek material litosfer? ›

Obyek Material: Adalah substansi/benda baik yang hidup atau yang tidak di bumi. Contoh : Litosfer : ilmu yang mempelajari batuan.

Tsunami termasuk objek material apa? ›

objek material tsunami ialah litosfer !

Apakah yang dimaksud objek formal? ›

2. Objek Formal

Merupakan sudut pandang dan cara kita berpikir terhadap suatu gejala yang ada di muka bumi. Baik itu yang bersifat fisik atau sosial yang dilihat dari sudut pandang keruangan (spasial).

Apa yang dimaksud dengan objek formal? ›

Objek formal geografi adalah cara memandang dan berpikir terhadap objek material geografi dari sudut pandang keruangan dalam kontek kewilyahan dan kelingkungan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan objek formal? ›

Objek formal geografi adalah cara pandang dan cara berpikir terhadap gejala yang ada di permukaan bumi, baik keadaan fisik maupun keadaan sosialnya.

Apa contoh dari pendekatan ekologi? ›

Pendekatan Ekologi

Contoh: Kemampuan manusia dalam memanfaatkan lingkungan untuk beraktivitas adalah salah satu contohnya. Manusia yang tinggal di daerah pantai akan memiliki aktivitas berbeda dengan manusia di daerah pegunungan.

Pendekatan korologi itu apa? ›

Pendekatan korologi adalah prinsip geografi komprehensif karena memadukan banyak prinsip lainnya yaitu prinsip distribusi, interelasi, dan deskripsi dalam satu prinsip yang utuh yaitu pendekatan korologi.

Apa contoh dari pendekatan lingkungan? ›

Kesimpulan : => contoh dari pendekatan kelingkungan adalah penyelidikan terhadap fenomena tanah longsor di suatu wilayah. => contoh daru pendekatan ekologi adalah penyelidikan terhadap Bencana banjir ketika musim hujan tiba.

Apa contoh objek formal? ›

CONTOH OBJEK FORMAL

Persebaran fenomena tertentu di permukaan bumi seperti kabut asap kebakaran hutan. Fenomena terjadinya kebakaran hutan karena kemarau berkepanjangan. Dan lain sebagainya. Terjadinya tsunami (hidrosfer)Dan lain lain.

Apa arti dari objek material dan apa saja yang ada di objek tersebut? ›

Obejak material merupakan semua gejala yang terjadi di permukaan bumi fenomena yang termasuk objek material geografi meliputi fenomena pada atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer, dan antroposfer. Objek formal geografi merupakan cara pandang terhadap objek material geografi.

Apa itu objek geografi atmosfer? ›

1. Atmosfer, yaitu lapisan udara yang menyelimuti permukaan bumi dari Troposfer hingga Eksosfer. Kabut, petir, awan adalah fenomena geosfer yang terjadi di lapisan atmosfer.

Apa saja contoh objek material? ›

Objek Material

Pengertian objek material geografi adalah objek material geografi berupa fenomena geosfer (permukaan bumi) yang terdiri atas atmosfer (lapisan udara), litosfer dan pedosfer (lapisan batuan dan tanah), hidrosfer (tentang perairan), biosfer (dunia tumbuhan dan hewan) dan antroposfer (manusia).

Apa contoh dari objek? ›

Objek adalah orang atau benda yang dikenai oleh subjek. Contoh: Azka mengembalikan buku ke perpustakaan. Ibu membeli sayur di pasar.

Banjir termasuk objek apa? ›

Objek material merupakan segala fenomena geosfer yang dikaji dalam ilmu geografi, yaitu litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer. Meluasnya banjir adalah contoh fenomena hidrosfer, sedangkan permukiman contoh fenomena antroposfer. Kedua fenomena tersebut adalah contoh dari objek material.

Prinsip geografi ada berapa? ›

Empat prinsip geografi terbagi menjadi empat, yaitu prinsip persebaran, interelasi, deskripsi, dan korologi atau keruangan.

Konsep geografi ada berapa? ›

Suharyono dan Moch Amien (1994) menyebutkan ada 10 konsep esensial geografi, antara lain: konsep lokasi, jarak, morfologi, keterjangkauan, pola, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, diferensiasi area, serta keterkaitan ruangan.

Aspek geografi ada berapa? ›

Aspek dalam geografi dibedakan menjadi 2 , yaitu : 1) Aspek Fisik, adalah aspek yang mengkaji segala fenomena geosfer yang memengaruhi keberlangsungan hidup manusia. 2) Aspek Sosial adalah aspek yang mengkaji hubungan manusia dengan fenomena geosfer.

Hujan termasuk objek geografi apa? ›

Fenomena yang dapat dikaji oleh objek material geografi melalui lithosfer adalah terjadinya hujan, terjadinya pelangi, dan lain sebagainya.

Mengapa diperlukan objek material dan formal? ›

Diperlukannya objek formal dan objek material dalam pendidikan​ karena objek formal berkenaan dengan bidang yang menjadi keseluruhan ruang lingkup garapan langsung riset pendidikan. Sedangkan objek material berkenaan dengan berbagai aspel yang menjadi garapak penyelidikan langsung terhadap suatu cabang ilmu.

Apa perbedaan material dan formal? ›

Jawaban ini terverifikasi

Obyek material adalah segata sesuatu yang dipelajari geografi yang berupa bumi, fenomena yang ada pada geosfer dan lapisan penyusunnya. Obyerk formal adalah cara pandang dan berpikir terhadap obyek material yang dipelajari sebagai fenomena keruangan dalam geografi.

Apa contoh dari litosfer? ›

Jawaban ini terverifikasi
  • Contoh litosfer: pegunungan, bukit, lembah, ngarai.
  • Contoh hidrosfer: laut, sungai, danau, rawa.
  • Contoh atmosfer: gas di udara nitrogen, oksigen dan karbon dioksida.
  • Pembahasan:
  • Geosfer adalah lapisan yang terdapat pada permukaan bumi dan di bawah permukaan bumi yang berpengaruh bagi kehidupan.
10 Mar 2017

Apa saja 4 ruang Lingkup geografi? ›

Berikut ini adalah ruang lingkup yang dipelajari dalam geografi:
  • Pengungkapan kejadian.
  • Meneliti sebab dan akibat suatu gejala.
  • Mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena di bumi.
  • Mempelajari penyebaran kejadian/gejala di bumi.
  • Pemecahan masalah geografi.
  • Geografi Fisik.
  • 2. Geografi Manusia.
  • 3. Geografi Teknik.
14 Jul 2022

Apakah yang dimaksud objek formal? ›

2. Objek Formal

Merupakan sudut pandang dan cara kita berpikir terhadap suatu gejala yang ada di muka bumi. Baik itu yang bersifat fisik atau sosial yang dilihat dari sudut pandang keruangan (spasial).

Videos

1. Selamat Datang di Geografi (Pengertian, Sejarah, Objek Studi & Aspek Geografi)
(Rodhia Izzati)
2. Pengetahuan Dasar Geografi | Materi Kelas X Geografi
(Restu Agus Prapsilo)
3. Gaografi : Pengetahuan Dasar Geografi | Ruang Lingkup dan Objek Studi Geografi
(bagus Gis)
4. Cara Menjelaskan Perbedaan Objek Material dan Formal Geografi
(Guru Geografi)
5. Belajar Bersama KangGuru: Mengenal Objek Studi, Pendekatan, dan Aspek Geografi
(Hendri Kang Guru)
6. Ruang Lingkup, Objek Studi, dan Konsep Geografi (Bab 1 Kelas X)
(Arif Setyo Nugroho)

Top Articles

Latest Posts

Article information

Author: Nathanial Hackett

Last Updated: 09/29/2022

Views: 5729

Rating: 4.1 / 5 (52 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Nathanial Hackett

Birthday: 1997-10-09

Address: Apt. 935 264 Abshire Canyon, South Nerissachester, NM 01800

Phone: +9752624861224

Job: Forward Technology Assistant

Hobby: Listening to music, Shopping, Vacation, Baton twirling, Flower arranging, Blacksmithing, Do it yourself

Introduction: My name is Nathanial Hackett, I am a lovely, curious, smiling, lively, thoughtful, courageous, lively person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.