Sebutkan letak geografis dan letak astronomis indonesia (2022)

Sketsa 'Rumah Terakhir' Eril di Cimaung

Show

  • Letak Geografis dan Astronomis Indonesia
  • Letak Geografis Indonesia
  • Perbedaan Letak Geografis dengan Letak Astronomis
  • Letak Astronomis Indonesia
  • Letak Geografis Indonesia
  • Letak Astronomis Indonesia
  • Video yang berhubungan

Pelajari Modusnya! Begini Kronologi Nasabah BRI Kehilangan Tabungan Rp 1,1 Miliar yang Viral

Dear MUI dan PA 212, Jual Rendang Babi Itu Baik, yang Salah Itu Ngaku Jual Rendang Sapi, tapi Isinya Lengkuas, Nggak Boleh Tuh

Bikin Haru! Balasan Geraldine untuk Ridwan Kamil: With loving memories of "Emmeril"

NM Pemilik 7 Janin yang Lakukan Aborsi Bersumpah Akan Kuburkan Janinnya, Hanya Jika Kekasihnya Lakukan Hal Ini…

Sergio Si Pemilik Restoran Padang Ngaku Jualan Rendang Babi Cuma demi Cuan Saja, Menu itu Hasil Kreativitasnya

Melihat Lokasi Pemakaman Jenazah Eril di Cimaung Bandung, Kondisi Lahan Masih Kosong

Dokter di Inggris Dinyatakan Bersalah Setelah Minta Muslimah Buka Cadar

Benarkah Masakan Padang Identik dengan Budaya Islam? Ini Kata Sosiolog

Bukan Rendang Babi, Gus Dur Sebut Makanan Paling Haram Itu Babi Hamil Babi Bapaknya Jadi Sate Babi

Polisi Swiss: Eril Mengalami Situasi Darurat Sehingga Tenggelam Akibat Kecelakaan saat Berenang

Anwar Abbas Bawa-Bawa Agama Gegara Rendang Babi, Eh Langsung Dibikin Mingkem: Kalau Non Muslim Padang Nggak Boleh Masak Daging Babi Pak?

Jakarta -

Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara dan bertetangga dengan Singapura, Malaysia, Timor Leste, hingga Papua Nugini. Nah, bagaimana letak astronomis dan geografis Indonesia sebenarnya?

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Sebab, luas Indonesia tercatat mencapai 1,9 juta km² dengan mayoritas luas adalah perairan.

Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Secara geografis, Indonesia berada di antara dua samudera dan dua benua, yakni Samudera Hindia dan Pasifik, serta Benua Asia dan Australia.

Kemudian, secara astronomis Indonesia berada di koordinat 95° sampai dengan 141° BT serta 6° LU sampai 11° LS. Terbukti, Indonesia memiliki iklim tropis.

  • Pengaruh Letak Geografis Terhadap Indonesia

Ada beberapa keuntungan Letak Geografis Indonesia, seperti di bawah ini

-Pertanian Subur

Indonesia berada di antara dua rangkaian pegunungan, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Akibatnya juga tanah di Indonesia tergolong subur dan membuat penduduknya kebanyakan bekerja di sektor pertanian.

-Letak Strategis

Indonesia menjadi tempat persinggahan lalu lintas perdagangan internasional karena letaknya yang strategis. Tak hanya udara, tetapi juga darat dan laut sehingga bisa menguntungkan di bidang ekonomi.

  • Dampak Letak Astronomis Indonesia

-Memiliki Dua musim

Letak astronomis Indonesia menyebabkan adanya dua musim, yakni kemarau dan hujan. Pasalnya, Indonesia berada di garis Khatulistiwa berbeda dengan negara lain yang memiliki empat musim, panas, gugur, dingin, dan semi.

-Tiga Kawasan Waktu

Indonesia terbagi menjadi tiga kawasan waktu, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

-Aneka Ragam Flora dan Fauna

Pengaruh letak astronomis Indonesia juga membuat Indonesia memiliki berbagai macam flora dan fauna. Sebab, suhu udara, curah hujan, kelembaban rata-rata yang tinggi membuat beraneka macam hewan dan tumbuhan bisa hidup.

Simak Video "Respons PBSI soal Atlet Ngeluh Keracunan saat Gelaran Indonesia Masters"


[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Jakarta -

Setiap negara memiliki letak geografis masing-masing berdasarkan aspek astronomis, geologis, fisiografis, serta sosial budaya. Apa beda letak geografis dan astronomis suatu wilayah?

Dilansir dari laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS), geografi diartikan sebagai letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

Secara umum, letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Letak geografis biasanya dibatasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut.

Contoh letak geografis dengan berbagai fitur geografi bumi yang dimaksud misalnya seperti benua, laut, gunung, samudera, gurun, dan lain sebagainya.

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia berada di antara Benua Asia dan Australia, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta terletak di antara dua pegunungan yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Sementara berdasarkan batas negara, posisi Indonesia berbatasan dengan berbagai negara, laut, dan samudra. Antara lain sebagai berikut:

1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik di sebelah utara.

2. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Australia, Timor Leste, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafuru.

3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

4. Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.


Dengan letak geografis yang berada di antara dua samudera, mengakibatkan Indonesia sering terkena angin laut yang membawa hujan sehingga Indonesia memiliki iklim tropis.

Selain itu ini juga menyebabkan Indonesia memiliki 2 musim yakni hujan dan kemarau yang dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus setiap enam bulan sekali.

Perbedaan Letak Geografis dengan Letak Astronomis

Beda dengan letak geografis yang berhubungan dengan letak dan bentuk, letak astronomis adalah letak wilayah berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur.

Pengertian garis lintang sendiri adalah garis khayal yang melintang melingkari bumi dan membagi bumi menjadi dua bagian, yaitu belahan bumi utara dan selatan.

Sementara garis bujur adalah garis yang menghubungkan kutub utara dan selatan sekaligus garis yang membagi bumi menjadi belahan bumi barat dan timur.

Letak Astronomis Indonesia

Jika dilihat dari letak astronomisnya, Indonesia berada pada 6LU (Lintang Utara) - 11LS (Lintang Selatan) dan 95BT (Bujur Timur) - 141BT (Bujur Timur).

Letak astronomis ini mengakibatkan Indonesia memiliki 3 wilayah waktu, yakni:

1. Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) yang memiliki perbedaan waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time).

2. Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) yang memiliki perbedaan waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time).

3. Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT) yang memiliki perbedaan waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time).


Bagaimana detikers? Sekarang sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan letak geografis?

Simak Video "Respons PBSI soal Atlet Ngeluh Keracunan saat Gelaran Indonesia Masters"

(pal/pal)

Home Nasional Nasional Lainnya

Tim | CNN Indonesia

Senin, 01 Mar 2021 09:42 WIB

Sebutkan letak geografis dan letak astronomis indonesia (1)

Letak Geografis dan Astronomis Indonesia menguntungkan secara ekonomi dan agraris. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai negara kepulauan yang berada tepat di garis khatulistiwa letak Indonesia strategis dalam jalur pelayaran dan perdagangan antar benua. Letak geografis ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis, serta sosial budaya.

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi suatu daerah pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain.

Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia berada di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang yang berperan penting dalam perekonomian juga iklim. Strategis posisi Indonesia memberikan keuntungan tersendiri, yaitu menjadi perlintasan lalu lintas baik udara maupun laut.

Dengan posisinya yang menyilang, Indonesia masuk dalam tiga kegiatan ekonomi dunia.

Sebutkan letak geografis dan letak astronomis indonesia (2)

Letak geografis dan astronomis Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Tiga kegiatan ekonomi dunia mencakup negara-negara berkembang dan negara industri seperti Jepang, Korea, RRC, sejumlah negara Afrika, dan Eropa.

Letak strategis geografis Indonesia turut mempengaruhi kondisi iklim yang disebabkan oleh angin musim. Indonesia hanya mempunyai dua musim, yakni musim hujan dan kemarau.

Sekitar bulan Oktober hingga April angin bertiup dari Asia ke Australia yang membawa banyak uap air dari Samudra Pasifik yang menyebabkan terjadinya musim hujan.

Sementara pada bulan April hingga Oktober, angin bertiup dari Australia ke Asia yang sedikit membawa uap air dari Samudra Hindia yang menyebabkan terjadinya musim kemarau.

Posisinya yang menyilang antara dua benua dan dua Samudra menjadikan Indonesia memiliki pengaruh keragaman budaya dalam bahasa, adat, seni, budaya, dan agama yang datang dari negara dan benua lain sejak tempo dulu.

Secara teritorial, Indonesia berbatasan langsung dengan sejumlah negara diantaranya:

  • Batas Utara: Malaysia, Singapura, Filipina, Laut Cina Selatan
  • Batas Selatan: Timor Leste, Australia, Samudra Hindia
  • Batas Barat: Samudra Hindia
  • Batas Timur: Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Selain itu Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara terluas di dunia. Hal ini didasarkan pada luas total wilayah Indonesia yang mencapai 5.193.250 Km2dengan rincian luas daratan mencapai 1.919.440 km2 dan luas lautan 3.273.810 km2. Dan 2.055.000 km2 Zona Ekonomi Eksklusif.

Akan tetapi, melansir laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi disebut luas total Indonesia baik darat atau laut sebesar 8.300.000 km2.

Sebutkan letak geografis dan letak astronomis indonesia (3)

Letak geografis dan astronomis Indonesia (Foto: iStockphoto/Abam_Keenan)

Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis adalah letak wilayah berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah khayal yang melintang melingkari bumi dan membagi bumi menjadi dua bagian, yaitu belahan bumi utara dan selatan.

Sedangkan, garis bujur adalah garis yang menghubungkan kutub utara dan selatan sekaligus garis yang membagi bumi menjadi belahan bumi barat dan timur.

Secara astronomis letak Indonesia berada pada koordinat 60LU (Lintang Utara) - 110LS (Lintas Selatan) dan 950BT (Bujur Timur) - 1410BT.

Secara astronomis juga wilayah Indonesia paling utara adalah Pulau We di Nanggroe Aceh Darussalam yang berada pada koordinat 60dan paling selatan adalah Pulau Rote di NTT yang berada di koordinat 110.

Sementara, titik paling barat adalah ujung pulau Sumatera yang berada pada koordinat 950dan paling timur adalah kota Merauke yang berada koordinat 1410.

Sebutkan letak geografis dan letak astronomis indonesia (4)

Letak geografis dan astronomis Indonesia (Foto: AFP/JUNI KRISWANTO)

Letak astronomis membuat Indonesia memiliki tiga pembagian waktu dalam tiga zona, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Berikut daftar daerah menurut zona pembagian waktu:

  • WIB: Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah
  • WITA: Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi
  • WIT: Maluku, Papua

Dari pembagian tersebut dapat disimpulkan perbedaan waktu antara WIB dan WITA adalah 1 jam, WITA dan WIT 1 jam, WIB dan WIT 2 jam.

Demikian pemaparan letak geografis dan astronomis Indonesia yang bisa menjadi rujukan kamu. Keuntungan lain dari letak strategis geografi Indonesia adalah pertanian yang subur, sehingga sangat cocok dan mudah dalam bercocok tanam. Semoga membantu.

(imb/fjr)

Saksikan Video di Bawah Ini:

Top Articles

Latest Posts

Article information

Author: Sen. Ignacio Ratke

Last Updated: 12/02/2022

Views: 6236

Rating: 4.6 / 5 (76 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Sen. Ignacio Ratke

Birthday: 1999-05-27

Address: Apt. 171 8116 Bailey Via, Roberthaven, GA 58289

Phone: +2585395768220

Job: Lead Liaison

Hobby: Lockpicking, LARPing, Lego building, Lapidary, Macrame, Book restoration, Bodybuilding

Introduction: My name is Sen. Ignacio Ratke, I am a adventurous, zealous, outstanding, agreeable, precious, excited, gifted person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.